Kamis, 02 Februari 2017

Starcraft 2, Game RTS dengan Mode Multiplayer Online

Starcraft 2 merupakan game RTS yang diciptakan oleh Blizzard untuk PC. Ada tiga ekspansi dari permainan ini yang terdiri dari Wings of Liberty, Heart of the Swarm, dan Legacy of the Void. Starcraft 2 juga bisa dimainkan secara online untuk model mutiplayer.
Model Multiplayer
Model permainan ini sedikit berbeda dari Campaign. Anda tak akan menjumpai unit hero dan variasi unitnya pun lebih sedikit. Tujuannya untuk menyeimbangkan permainan. Tapi pihak Blizzard sendiri sudah mengatur model multiplayer dengan level yang lebih mendasar.

Perbedaan lainnya tentu saja adalah lawan yang akan dihadapi. Berbeda dengan AI sebagai lawan yang sekiranya mudah ditebak sesuai pola-polanya. Bermain melawan pemain-pemain anonim dengan level berbeda-beda tentu jauh lebih sulit.

Ranking
Ada dua mode utama dari Starcraft, yaitu Ranked dan Unranked. Mode Unranked dikhususkan bagi Anda yang tujuan bermainnya hanya untuk bersenang-senang. Mode ini mungkin cocok bagi pemula yang ingin mencoba dan mengasah kemampuannya sebelum betul-betul terjun ke mode Ranked.

Mode permainan Ranked sendiri terbagi dalam 7 bagian. Masing-masing adalah Bronze, Silver, Gold, Platinum, Diamond, Master, dan Grandmaster. Pembagian tersebut ditujukan untuk menyeimbangkan masing-masing skill dari para pemain berdasarkan ranking mereka. Sudah pasti Anda tak ingin langsung menghadapi level Grandmaster di awal permainan bukan?

Rata-rata pemain mengawalinya dari level Gold atau Silver. Tapi banyak juga yang mengawalinya dari ranking rendah. Jadi, jangan berkecil hati sekiranya Anda termasuk pada ranking Bronze. Seiring dengan jumlah pengalaman bermain, ranking Anda akan semakin meningkat.

Model Versus
Nah, sebelum bergabung dalam model multiplayer, pikirkan baik-baik tentang berapa jumlah lawan yang akan dihadapi. Anda bisa memilih model 1 lawan 1, 2 lawan 2, dan seterusnya. Model 1 lawan 2 biasanya lebih menawarkan tantangan yang lebih kompetitif karena Anda hanya akan melawan satu orang di satu peta. Jadi, apakah Anda lebih baik selalu menghindari jumlah lawan yang lebih banyak? Tidak juga. Disarankan untuk mengajak lebih banyak teman untuk bermain dalam satu tim.

Races
Ada tiga race utama dalam Starcraft 2. Masing-masing adalah Zerg, Terran, dan Protoss. Untuk lebih jelasnya bisa Anda ketahui di bawah ini:

Zerg
Mode ini cenderung cepat dan berkembang lebih pesat. Race ini sangat disarankan supaya tidak diikuti oleh pemain pemula yang sebelumnya tak pernah bermain sama sekali. Mode permainan ini memang nyaris tidak menyediakan jeda dan kadang terasa menyebalkan karena sedikit-sedikit sudah diserang oleh musuh.

Terran
Mode ini terdiri dari unit yang lebih sederhana. Mode ini cenderung efektif dan efisien dan memudahkan pengendalian permainan karena menggunakan unit yang rata-rata terdiri dari Marines. Anda bisa menggunakan Medivacs untuk mengangkut unit menjelajahi seluruh peta, selain itu juga sejumlah kendaraan udara dan bahkan beberapa bangunan yang bisa melayang. Mode permainan ini sangat disarankan bagi para pemula yang ingin bermain dengan lebih mudah sekaligus mengasah dan mempelajari beberapa taktik baru.

Protoss
Mode ini merupakan versi kebalikan dari Zerg. Protoss sangatlah lambat dan bahkan untuk membuat bangunan pun lama dan mahal. Jika sebuah unit mati, untuk membuatnya kembali pun sangat lama. Hampir mirip seperti simulasi untuk peperangan sebenarnya. Oleh karena itu, Protoss juga disarankan bagi pemain pemula yang ingin mencoba model multiplayer dengan catatan harus pernah berlatih beberapa kali.

Peta
Sebagian besar orang tak begitu peduli pada peta yang disediakan oleh sebuah game RTS. Tapi untuk Starcraft 2 ini, Anda sebaiknya belajar mengenali masing-masing peta. Setiap peta ternyata punya keunggulan dan kelemahan. Contohnya adalah peta berukuran besar. Tipe itu sangat ideal untuk melawan tentara Protoss. Sementara itu, jika hendak bermain di peta yang kecil, waspadalah pada tindakan agresif dari pemain lawan khususnya yang berasal dari Zerg.

Taktik
Terakhir adalah taktik. Dalam model permainan multiplayer, taktik yang sering Anda gunakan dalam model Campaign tidak akan berhasil dengan baik. Pada dasarnya, model multiplayer online menuntut kecepatan dan kemampuan mengambil keputusan secara tepat. Intinya adalah menyerang dan menyerang, tapi jangan lupa untuk menggunakan unit yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar