Sabtu, 04 Februari 2017

Review Hearthstone: The Grand Tournament

132 Kartu Baru untuk Dikumpulkan
Walaupun mempunyai beberapa mekanik dan juga kombinasi nilai attack dan HP baru, 132 kartu tambahan ini tidak benar-benar unik. Kamu akan menemukan beberapa upgrade ataupun downgrade dari kartu yang sudah ada sebelumnya. Seperti powershoot yang mirip dengan explosive shoot, namun dengan kebutuhan mana dan juga serangan yang lebih rendah. Walaupun terkesan malas, namun sebenarnya penambahan kartu baru ini pilihan baru kepada para pemain.

Salah satu perbedaan yang langsung terasa adalah Blizard lebih berani menggunakan kombinasi attack dan HP yang berbeda, seperti kombinasi 5-5-5 (mana-attack-HP) atau 4-1-1. Ini membuat perhitungan rasio sedikit berubah. Kartu-kartu ini tidak bisa disebut efesien dengan rasio barunya namun variasi efek yang baru masih bisa memberikan alasan kepada para pemain untuk menyelipkannya di dek kartu mereka.

Joust – Mekanisme bagi Mereka yang Percaya Diri
Seiring dengan tema turnamen yang diusung, Blizzard menyelipkan sebuah mekanisme baru bernama Joust. Mekanisme ini akan memberikan efek seperti charge atau shield kepada sebuah minion. Cara kerjanya adalah kamu dan lawan kamu akan masing-masing menarik satu kartu dari dek dan membukanya di atas meja sehingga kedua pemain bisa melihatnya. Jika kartu kamu mempunyai mana lebih besar maka kamu memenangkan Joust dan berhak mendapat keuntungannya.

Mekanisme ini cukup menarik karena jika kamu menang maka kamu akan mempunyai keuntungan yang cukup signifikan. Namun walaupun kamu menang, kamu sedikit dirugikan karena musuh melihat kartu kamu dan itu terkadang bisa membalik jalannya pertandingan.

Jika bermain di tingkat yang lebih serius, Joust adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan matang-matang. Secara pribadi saya melihat bahwa pemain profesional akan cenderung menjauhi kartu ini kecuali mempunyai efek yang benar-benar bersinergi dengan dek yang mereka gunakan.

Inspired – Sekarang Hero Power Tidak Lagi Menjadi Jalan Terakhir
Hearthstone dari dulu adalah sebuah game kartu yang paling mudah diakses oleh pemain baru (gratis dan semua kartu dapat dibuat tanpa membeli dengan uang asli). Namun memang tidak dapat dipungkiri bahwa seiring bertambahnya kartu dan ekspansi, Hearthstone tidak lagi sesederhana versi vanilla.

Jika kamu mencari permainan kartu yang solid dengan learning curve di bawah satu jam, maka Hearthstone bukan game yang kamu cari. Tapi saya ragu kamu akan menemukan game lain dengan akses yang lebih baik dari pada Hearthstone.

The Grand Tournament juga untungnya tidak membuatnya berubah pay-to-win. Kartu legendaris (langka) sangat berguna jika kamu ingin bermain ditingkat pro, namun saya masih bisa katakan relatif mudah untuk mendapatkannya karena kamu dapat membuatnya dari bermain normal.

Menggunakan terlalu banyak kartu legendaris malah akan memperkecil kemungkinan kamu menang, karena sinergi dan mana curve adalah hal terpenting dalam game ini.  Lihat saja Trump, salah satu pemain paling terkenal yang sedang mendaki leaderboard hanya dengan satu kartu legendaris.

Tidak Semegah yang Dibayangkan namun Tetap Membuat Sibuk
Selain tiga fitur utama di atas, The Grand Tournament tidak menawarkan hal lain yang benar-benar baru. Fitur seperti Chest Rank (hadiah ketika kamu naik rank) atau Arena yang akan memberikan random pack (sebelumnya hanya goblin pack) terasa menyenangkan namun tidak cukup untuk membuatnya sebagai bagian penting.

Saya hanya menyayangkan tidak adanya solo adventure baru yang membuat ekspansi kali ini terasa kecil. Namun itu tidak akan membuat saya berhenti untuk bermain Hearthstone, salah satu game kartu terbaik yang kamu bisa mainkan di mobile dan juga PC.

The Grand Tournament menghembuskan nafas baru ke dalam Hearthstone tepat pada saat game sudah terasa stabil. Meta sudah terbentuk dan kamu akan menemukan dek yang itu-itu saja beserta dek counter yang sudah jelas. Namun sekarang para pemain mempunyai banyak kartu dan juga mekanisme baru. Saatnya menata kembali dek kamu dan sampai bertemu di arena.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar